Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Belajar Diving Di Jakarta

Sidemount, Specialty Dive Untuk Yang Butuh Extra
December 11, 2017
Diving bikin gua sehat dan pinteran dikit.
February 19, 2018
Show all

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Belajar Diving Di Jakarta

Ingin mulai belajar diving di jakarta, yuk simak persiapan pentingnya.

Diving merupakan kegiatan yang seru, melihat kumpulan ikan yang bergerak mengikuti arus, bertemu dengan gugusan terumbu karang yang berwarna warni cantik dan hal menarik lainnya yang hanya bisa kita temukan dibawah air. Untuk bisa menikmati itu semua, hal pertama yang harus kita lakukan tentu saja belajar diving. Untuk memulai belajar diving di jakarta memang bukan perkara sepele, banyak yang menawarkan kursus diving dengan harga murah namun tidak mengutamakan kenyamanan atau fasilitas yang kurang sesuai.

Belajar diving di sekitaran jakarta membutuhkan pengamatan, kecermatan dan kesiapan secara matang. Karena beberapa tempat kursus memiliki keterbatasan baik dari segi tenaga pengajar, waktu, peralatan hingga fasilitas. Nah untuk kamu yang hendak memulai kursus diving di jakarta, ada baiknya mengamati point point yang akan kami paparkan berikut dan mempersiapkannya dengan matang, agar bisa kursus dengan menyenangkan dan lulus dengan kemampuan yang dibutuhkan selama berada didalam air.

Perhatikan tempat kursus

Beberapa penyelenggara kursus diving yang ada di jakarta menggunakan kolam renang publik, sehingga kita harus rela berbagi tempat dengan pengunjung yang lain. Biasanya ada orang yang ingin menikmati belajar dengan tenang tanpa diganggu aktivitas lain selama dibawah air.

Bagi kamu yang tidak keberatan dengan hal ini, bisa melanjutkan kursus tanpa ada rasa hawatir dan bagi kamu yang keberatan, mungkin ini saatnya mencari tempat kursus selam yang memiliki kolam renang private.

Perhatikan Ketersediaan Alat Selam

Karena pada saat awal sangat jarang ditemukan calon murid yang memiliki perlengkapan selam secara lengkap, maka para peyelenggara kursus biasanya menyediakan peralatan selam untuk disewakan. Untuk itu pastikan apakah harga kursus yang ditawarkan sudah termasuk peminjaman perlengkapan atau masih harus disewa lagi dikemudian hari.

Tanyakan juga perihal perawatan dan kebersihan perlengkapan selam yang disimpan. Beberapa tempat kursus biasanya memiliki ruang tersendiri untuk menyimpan perlengkapan selam yang disewakan dan menjaganya agar tidak diganggu oleh hewan pengerat. Ingin lebih aman? bagusnya sih memang harus sudah punya sendiri semua perlengkapan selam dasar, anggap lah sebagai investasi jangka panjang.

Minta jadwal yang bisa menyesuaikan dirimu

Beberapa tempat kursus publik biasanya memiliki jadwal yang padat untuk setiap instrukturnya. Biar tidak terjadi bentrokan jadwal, minta mereka untuk mengaturkan waktu yang bisa menyesuaikan dirimu. Bukan dirimu yang menyesuaikan jadwal instrukturnya. Dengan demikian kamu bisa tenang berlatih selama didalam air.

Apakah Ada Extra?

Extra disini dimaksudkan kepada biaya biaya tambahan diluar kursus. Contohnya adalah biaya untuk ujian di laut, tanyakan kepada tempat kursusmu apakah biaya yang dibebankan diawal itu sudah termasuk tiket untuk semua akomodasi ketika ujian dilaut. Akomodasi semisal transport, makan, penginapan, perlengkapan hingga sewa kapal yang akan kamu gunakan selama menyelam dan mengantarkan mu pulang.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, kamu sudah mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan yang bisa muncul selama proses mengambil lisensi diving dan selama belajar diving di jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat